Kapolres Palas AKBP Diari Astetika jadi Irup Pada Peringatan Hari Pahlawan Tingkat Kabupaten Palas

Bagikan :

Keterangan Fhoto :Kapolres Palas AKBP Diari Astetika, S.I.K, bertindak sebagai Irup pada upacara peringatan Hari Pahlawan ke-78, yang digelar di halaman Kantor Bupati Palas. (RAH1)

PALAS,WI- Kapolres Padangl Lawas (Palas) AKBP Diari Astetika, S.I.K, bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) pada upacara peringatan Hari Pahlawan ke-78, yang digelar di halaman Kantor Bupati Palas, Jumat (10/11/2023).

Hadir pada Upacara tersebut diikuti oleh seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Palas, Pimpinan OPD, ASN, Anggota Pramuka dan pelajar SD.serta tamu undangan lainnya.

Kapolres Palas AKBP Diari Astetika, S.I.K membaca pidato tertulis Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, hari ini 10 November 2023 kita memperingati
Hari Pahlawan, hari yang sangat bermakna bagi kehidupan kita berbangsa dan bernegara.

Hari Pahlawan ke-78 ini, diperingati dengan mengusung tema “Semangat
Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara.

BACA JUGA  Kapolres Tebing Tinggi Pimpin Pemusnahan Barang Bukti Narkoba, Ratusan Ribu Jiwa Selamat

Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan.

Saudara-saudara, sebangsa, setanah air. Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa: kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora.

Dengan hanya berbekal bambu runcing, para Pahlawan dalam Pertempuran 10 November menghadapi musuh yang merupakan Pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya. Rakyat bergandeng tangan dengan para Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama berikut pengikutnya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu. Merdeka atau Mati!

Saudara-saudara, sebangsa, setanah air. Bersyukur saat ini, semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok Negeri.

BACA JUGA  Dialog Interaktif Poldasu : Samapta, Polri Siap Siaga Dalam Situasi Apapun

Semangat yang berasal dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945. Semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan. Menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
Mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera.

Selamat Hari Pahlawan tahun 2023. Marilah kita panjatkan doa bagi para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Ujar Kapolres Palas AKBP Diari Astetika, S.I.K saat membacakan pidato akhir tertulis Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini.

Setelah pelaksanaan upacara ini dirangkai dengan pemberian tali asih kepada warakauri dan dilanjutkan pemberian tali asih kepada pemenang STQH ke 18 tingkat Provinsi Sumut 2023, Ali Sohot Siregar, juara I, Tafsir Bahasa Arab Putra, Mhd Akhiruddin Nasution, juara I Hadist 500 putra dan Linni Marito Simanjuntak, juara I hadist 500 putri.
Meilda Nazwa Hasibuan, juara I Hadist putri, Mikrohani Siregar, juara 2 Tafsir Bahasa Arab putri, Imam Habibi Simamora, juara Hadist 100 putra, Taufiqurrahman Harahap, juara 3 Tahfidz 10 Juz putra, Nayla Sifah Siregar, Harapan I Tahfidz 30 Juz putri dan Hamdiyah Alifiah Marsya Harahap, Harapan 3, Tahfidz 1 Juz dan Tilawah putri.
Selain itu, Dikesempatan sam juga, diberikan tali asih pemenang STQH Nasional ke 27 Tahun 2023 di Provinsi Jambi atas nama Mhd Akhiruddin Nasution, juara 2 Hadits 500 putra, Linni Marito Simanjuntak, juara 3 Hadist 500 putri dan Meilda Nazwa Hasibuan, juara 3 Hadits 100 putri dan pelatih STQH atas nama Daulat M. Amin Daulay, MA.
Selanjutnya, Penyerahan tali asih yang diserahkan oleh, Kapolres Palas, AKBP Diari Astetika didampingi bersama Sekda Arpan Nasution, S.Sos, Kepala PN Sibuhuan, Lulik Djatikumoro, SH, Kepala PA Sibuhuan, Bainar Ritonga, MA dan Forkopimda.
Usai memberikan tali asih, Sekda Arpan Nasution, S.Sos mengatakan, momentum Hari Pahlawan ini diharapkan dapat menginspirasi generasi penerus, di mana semangat juang, semangat kebangsaan para Pahlawan akan selalu terpateri di setiap insan Indonesia dan menjadi kebanggaan sepanjang masa.
“Kita memberikan pelayanan kepada masyarakat sebaik-baiknya supaya masyarakat dapat melakukan kegiatan mereka sehari-hari dan tidak ada kendala, apa yang dicita-citakan pemerintah yaitu dapat bangkit dari perekonomian dan bisa berjalan,” pungkasnya. (Ramli HS-1)

BACA JUGA  Pos Terpadu Simpang Lima Polres Sibolga, Laksanakan KRYD Di Pelabuhan Pelimdo Sibolga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *