0 2 min 1 tahun
Bagikan :

BALIGE,WI- Raja Singamangaraja XII adalah seorang Raja negeri Toba yang berjuang melawan penjajah Belanda.
Raja Singamangaraja XII dengan nama lengkap Patuan Bosar Sinambela ginoar Ompu Pulo Batu (18 Februari 1845 – 17 Juni1907).

Direktur LBH Cakra Keadilan Helmax Alex S Tampubolon SH,MH bersama dengan istri yang bernama Veronica br Sinambela berziarah ke makam Raja Si Singamangaraja XII yang berada di daerah Soposurung,Balige- Sumatera Utara.


Setelah mengunjungi makam Raja Si Singamangaraja XII, Helmax melanjutkan perjalanan menuju Bakara dimana di makamkan Raja Si Singamangaraja XI Raja Ompu Sohahuaon Sinambela (bapak dari Patuan Bosar Sinambela atau Raja Si Singamangaraja XII) dan makam Raja Si Singamangaraja X Raja Si Lompo Ompu Sinambela (Kakek dari Patuan Bosar Sinambela atau Raja Si Singamangaraja XII).
Patuan Bosar Sinambrla adalah Raja Si Singamangaraja XII sekaligus Si Singamangaraja terakhir dari dinasti Singa Mangaraja.

BACA JUGA  Perkim Dan TRTB Kota Medan Diduga Sudah Main Mata Terkait Berdirinya Bangunan Di Jl.Almunium Yang Belum Ada Plang PBG.

Setelah kematiannya, tidak ada lagi penerus dinasti Singa Mangaraja di Bangkara,sebab seluruh keluarganya sudah di tawan oleh Belanda di Siborongborong.

Kegigihan perjuangan Si Singamangaraja XII dalam melawan penjajahan Belanda telah menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia.
Salam senang mengenang jasa pahlawan dan sejarah.

(RMH/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *