Polres PSP Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak di 42 Desa

Bagikan :

P.SIDEMPUAN,WI-Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kota Padangsidimpuan yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2023 mendatang, Polres Padangsidimpuan melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak tahun 2023 di Alaman Bolak Jalan Sudirman Eks Merdeka Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Jumat (18/08/2023) pagi.

Gelar Apel tersebut dipimpin langsung Walikota Padangsidimpuan H. Irsan Efendi Nasution, S.H, MM, Komandan Apel IPTU Sulaiman Rangkuti dilanjutkan pemeriksaan pasukan.

Kegiatan itu juga turut dihadiri Wakil Walikota Ir. Arwin Siregar, MM, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Dudung Setyawan, S.H, S.I.K, M.H, Dandim 0212/TS Letkol Inf. Amrizal Nasution, Danyonif 123/RW Letkol Inf. Emick Chandra Nasution, Ketua MUI Kota Padangsidimpuan Drs. Zulpan Efendi Hasibuan, MA, PJU Polres Padangsidimpuan, Kadis Pemdes Kota Padangsidimpuan Ismail Fahmi Siregar, S.Sos, M.Si berikut para Camat Se-kota Padangsidimpuan dan Ketua panlih Desa Se-kota Padangsidimpuan bersama Calon Kepala Desa Se-kota Padangsidimpuan serta Para undangan.

Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Dudung Setyawan, S.H, S.IK, M.H dalam keterangannya mengatakan bahwa Gelar Pasukan yang diselenggarakan hari ini adalah untuk pengecekan kesiapan dalam rangka pengamanan Pilkades serentak di Kota Padangsidimpuan tahun 2023.

“Perlu kita sampaikan bahwa Kota Padangsidimpuan tahun 2023 ini, akan menyelenggarakan Pilkades di 42 Desa di empat (4) Kecamatan, terang AKBP Dudung.

Sedangkan jumlah personel yang akan disiapkan dalam pengamanan Pilkades serentak tersebut, AKBP Dudung menyebutkan bahwa, ada sebanyak 187 personil dari Polres Padangsidimpuan dan 128 personil BKO dari Polda Sumut ditambah personil dari TNI sebanyak 100 prajurit dan Linmas 396 orang.

Terkait pengamanan Pilkades tersebut, pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya baik preemtif dan preventif bersama dengan Pemerintah Pemko Padangsidimpuanmaupun dengan TNI.

“Dari Polri sendiri kita juga telah melakukan kegiatan Calling sistem di tengah-tengah masyarakat, artinya untuk membuat suasana masyarakat tidak terlalu konsentrasi pada kegiatan Politik saja tetapi lebih pada kegiatan-kegiatan lain di luar Politik. Jadi kami sendiri sudah melakukan berbagai kegiatan sosialisasi Kamtibmas melalui Jumat Curhat, Minggu Kasih ke tempat rumah ibadah sebagai bentuk Calling sistem kita,” papar AKBP Dudung.

Rencananya, untuk setiap TPS sendiri akan dilakukan penjagaan personil baik dari Polri, TNI, dan Linmas. Sedangkan wilayah kerawanan Pilkades kali ini diperkirakan masih termasuk aman.

BACA JUGA  Persiapan Polri Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo



“Untuk daerah rawan di Kota Padangsidimpuan sementara ini masih dalam kategori aman semua. Namun demikian, tetap kita antisipasi apabila ada situasi yang dirasa rawan,” ujar Kapolres.

Demi terjaganya situasi keamanan dan ketertiban ditengah masyarakat, Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Dudung Setyawan, S.H, S.IK, M.H mengajak dan mengimbau seluruh lapisan masyarakat Padangsidimpuan untuk selalu bersinergi dalam menjaga Kamtibmas yang kondusf Pungkasnya.

(Juni-red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *