Senam Pagi Bagi Warga Binaan Penderita TB Paru

Bagikan :

Medan,WI- Masa pengobatan yang panjang dan penurunan fungsi paru-paru kerap membuat kualitas hidup pasien Tuberkulosis (TBC) menurun. Beberapa aktivitas yang biasa dilakukan pun tidak bisa dinikmati seperti sebelumnya.
Meski demikian, kondisi tersebut tidak menghalangi pasien TBC untuk melakukan aktivitas fisik. Bahkan, pasien TBC disarankan untuk berolahraga agar tetap fit sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Setelah dilakukan pemberian dan pengawasan makan obat bagi warga binaan penderita TB paru di Rutan Kelas I Medan, hari ini selanjutnya warga binaan penderita TB diajak keluar untuk olahraga ringan yaitu senam pagi agar mendapatkan sinar matahari secara langsung..

Bertempat di Lapangan dalam Rutan Kelas I Medan kegiatan ini diikuti kurang lebih 88 orang warga binaan penderita TB dari Paviliun Gajah Mada kamar isolasi 1/9.

BACA JUGA  Rutan Medan Berikan Penghargaan Pegawai Teladan Sebagai Bentuk Apresiasi

Diharapkan dengan olahraga rutin seperti senam ini dapat membantu mengembalikan fungsi paru-paru yang semula terganggu akibat TBC secara bertahap. Penelitian lain dalam jurnal Preventive Medicine juga menyebut bahwa olahraga yang menekankan pada teknik pernapasan bukan hanya mengurangi rasa sesak dan nyeri pada dada. Cara ini juga mampu mengembalikan berat tubuh ideal pada penderita TBC yang kehilangan berat badan secara drastis.

(RMH-red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *