Melalui Cipta Karya PUPR Kaur, Program Sandes Bangun MCK Hampir 100 Persen Rampung 

0
38

KAUR, http://wartainspirasi.com

Pemerintah Kabupaten Kaur melalui PUPR Cipta Karya dibawah pengawasan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bengkulu, membangun sebanyak 200 Unit Sandes. sandes merupakan salah satu kegiatan dari program Padat Karya Tunai .

Bangunan ini terdapat di 4 Desa diantaranya Desa Suka Jaya, Air Batang dan Air Pahlwan Kecamatan Nasal. Salah satu Desa program MCK sudah 100 persen bangunan sudah selesai yakni di Desa Air Pahlawan Kecamatan Nasal.

Ketua Kelompk Swadaya Masyarakat (KSM) Asrin, program Sandes di Desanya sudah selesai fisiknya karena dukungan dari pihak penyuplai toko siap menggelontorkan dana materialnya hingga bangunan selesai juga didukung oleh kebersamaan warga yang selalu siap berswadaya maka pekerjaan mck di desanya sudah selesai 100 persen tinggal menunggu pencairan untuk melunasi material dan lainnya,” ucap Asrin pada hari Jumat (26/11/21).

” Kami sangat bersyukur telah mendapatkan bangunan berupa MCK dari program pemerintahan ini, jika mengandalkan kami warga yang susah ini, mungkin agak sulit untuk membuat mck, yang penting kami susah ini yang di utamakan perut ,” kata Taufik salah satu warga saat dibincangi awak media http://wartainspirasi.com.

Sementara Kepala Bidang Cipta Karya PUPR Kaur Doni ST mengungkapkan, bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan Sandes adalah untuk mengurangi dan mencegah tingkat stunting dari perdesaan akibat dari perilaku kurang sehat dari masyarakat desa.

Dimana kegiatan Sandes ini merupakan kegiatan Padat Karya yang diperuntukkan untuk masyarakat desa yang berpenghasilan rendah serta bertujuan untuk mencegah stunting akibat adanya perilaku tidak sehat berupa  BABS dari masyarakat desa.

Selain itu juga, kata Doni, ” MCK Individu yang telah terbangun dari program Sandes tersebut dapat benar-benar dimanfaatkan dan dipelihara sehingga dapat tetap menjaga kesehatan masyarakat desa itu sendiri,” harapnya.

Baca Juga :  Resmi Bupati Kaur Lantik 66 Kades Terpilih, Bupati Berpesan.....

Laporan: Marjhon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here